• Breaking News

    Add Me ON

    Different Types Of Peace Symbol

    Selasa, 23 Agustus 2016

    PENETASAN ITIK DI GATAK SUKOHARJO



                      Kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo  adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Sukoharjo yang memiliki potensi pertanian yang diunggulkan sebagai penyangga pangan. Selain terkenal sebagai sentra penghasil beras berkualitas juga sebagai penghasil ternak yang bagus khususnya itik profil Kecamatan Gatak menurut Pemerintahan Kabupaten Sukoharjo sebgai berikut
    Luas Wilayah Kecamatan Gatak :  1.947 Ha
              Terdiri dari          :
                - Sawah             1.275   Ha
                - Pekarangan        517   Ha            
                - Tegalan                 2   Ha
                - Lain-lain             153   Ha   
    Dari survei diatas kecamatan Gatak  memiliki potensi besar di senta peternakan karena terdapat banayak sekali lahan persawahan untuk dilakukannya pertenakan khususnya bebek.. Ini terbukti dari banyaknya warga selain bertani juga banyak yang berternak itik. Sehingga kecamatan Gatak sekarang juga bisa dikatakan sebagai penghasil itik berkualitas di kabupaten Sukoharjo. Itik yang berkualitas berasal dari cara beternak serta pemberian pakan secara benar dan tepat. Selain itu cara penetasan telur itik yang juga  berpengaruh terhadap kualitas itik tersebut.
                  Penetasan Itik di Kecamatan Gatak Sukoharjo masih bisa dibilang sederhana. Penetasan masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menetaskan telur yang sudah dipilih  dengan menutupi jerami padi yang kering dan juga karung goni sebagai penghangat telur di bawah sinar lampu. Cara ini masih sangat banyak digunakan warga Gatak sebagai cara yang efektif untuk menetaskan telur itik. Untuk mengetahui telur itik yang berkualitas bisa dilakukan dengan penerangan terhadap telur itik di tempat yang tertutup. Telur yang mempunyai guratan- guratan darah di dalamnya lah yang bagus sedangakan yang pucat itu yang tidak bagus. Telur itik yang bagus dan subur akan ditetaskan sedangkan yang tidak subur akan dijual untuk dikonsumsi.
                Padahal dengan cara modern atau dengan bantuan mesin, Penetasan Itik di Kecamatan Gatak Sukoharjo akan sangat besar potensi keberhasilannya dan juga memiliki waktu penetasan yang sangat singkat, sehingga  hasilnya  juga akan berbeda jika dilakukan dengan cara manual atau tradisional. Mesin penetasan itik ini sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat berfariasi mulai dari yang 300 ribuan sampai jutaan, tergantung kualitas dari mesin tersebut. Perlu adanya sosialisasi dari pihak kabupaten tersebut untuk mensosialisasi peternak itik di kecamatan Gatak tentang bagaimana cara penetasan itik dengan mesin sehingga hasil serta kualitas dari itik tersebut akan menjadi lebih banyak dan lebih menguntungkan para peternak itik.
    Atas perhatiannya saya ucapkan banyak kepada para pembaca blog saya .ingin lebih tahu klikdisini!

    Tidak ada komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel

    5. Simpan dan lihat hasilnya