• Breaking News

    Add Me ON

    Different Types Of Peace Symbol

    Selasa, 23 Agustus 2016

    SENIMAN KERONCONG TERKENAL DI KOTA SOLO





    Siapa yang tidak tau Kota Surakarta dari Sabang sampai Merauke sampai Touris Mancanegara pun mengenalnya karena keramahtamahan penduduknya maupun budayanya.Kali ini saya akan berbagi cerita sediki tentang seniman keroncong terkenal di Kota Surakarta beserta tokohnya juga.

    Kota Surakarta menjadi barometer perkembangan musik keroncong di Kota Surakarta sejak tahun 1960. Berbagai jenis musik keroncong berkembang di Surakarta seperti keroncong asli, stambul, dan keroncong langgam. Di Surakarta terdapat  perusahaan rekaman bernama Lokananta dan banyak musisi serta penyanyi keroncong yang berasal dari Surakarta.

    Upaya pelestarian musik keroncong semakin gencar dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Surakarta supaya perkembangan musik keroncong di Kota Surakarta tetap tumbuh.Upaya pelestarian itu sendiri meliputi: (1) Mengadakan pertunjukan musik keroncong secara berkala; (2) Memberikan bantuan dana untuk pengembangan musik keroncong; dan (3) Upaya generasi muda membentuk grup orkes keroncong baru yang dalam permainan musik keronconya tidak terikat pakem.

    Tokoh Keroncong di Kota Surakarta sebgai berikut

    1.Tokoh Keroncong Indonesia - Waldjinah, si Walang Kekek

    Tokoh keroncong yang masuk kedalam seniman keroncong terkenal di Kota Surakarta .salah satunya adala Waljinah Beliau lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1945. Waldjinah adalah tokoh keroncong wanita yang nyaris tidak ada duanya. Melambung namanya saat memopulerkan lagu Walang Kekek, menyusul suksesnya menjuarai Bintang Radio Indonesia tahun 1965.

    Waldjinah, selaku tokoh keroncong, memimpin Orkes Keroncong Bintang Surakarta dan terus memperjuangkan eksisitensi musik klasik ini di tengah serbuan budaya industri. Tahun 2002, Waldjinah menerima anugrah seni dari yayasan musik Hanjaringrat di Solo.

    2.GESANG


    Tokoh yang satu ini pastinya anda tahu beliau merupaka seniman keroncong yang tekenal di kota Solo yaitu Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono beliau lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917 adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dikenal sebagai "maestro keroncong Indonesia," ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu 'Bengawan Solo' ciptaannya telah diterjemahkan ke dalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk Bahasa Inggris,Rusia dan Jepang ) beliau meninggal di Surakarta, 20 Mei 2010 pada umur 92 tahun)
    Lagu-lagu karya tokoh keroncong yang terkenal ini di antaranya adalah: Ande-ande lumut, Rudjak Ulek, Suwe Ora Jamu, Warung Pojok, Gethuk Lindri, Othok-othok Unine Tekek, Tukang Pijet dan Tetanen.
    Bagaimanapun keadaanya  harus dikembangkan lebih baik harus ada penerus keroncong di era globalisasi
    Bagaimanapun keadaannya, perkembangan keroncong di surakarta musik keroncong dan tokoh keroncong adalah salah satu kekayaan budaya musik Indonesia yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Musik keroncong sekaligus tokoh keroncong Indonesia itu sendiri telah memberikan sumbangsih kepada negara Indonesia ini.sekian dari saya wassallamualaikum

    Mempelajari lebih lanjut klik disini !

    Tidak ada komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel

    5. Simpan dan lihat hasilnya