Menurut Turban (2004, p217), Business-to-Business e-Commerce (B2B EC) atau dapat disingkat menjadi B2B saja adalah transaksi antara bisnis-bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui Internet, intranet, ekstranet, atau jaringan privat. B2B memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan jalur pengadaan, distribusi, dan fisik, mengurangi dokumen dalam hubungan pelanggan dan supplier (pemasok), pengurangan persediaan; dan outsourcinJadi bisa ditarik kesimpulan Business to Business adalah Business-to-Business e-Commerce merupakan salah satu bentuk dari e-commerce yang semakin banyak digunakan
perusahaan untuk berinteraksi dengan rekan bisnisnya.
A. konsep B2B
semua pengguna sistem ini adalah pengusaha atau organisasi. Merupakan penjualan dan pembelian barang atau jasa antar organisasi. B2B (Business-to-Business) berisi proses penjualan dan pembelian antar perusahaan, misalnya pemasok dengan pengusaha pabrik atau pengusaha pabrik dengan distributor atau distributor dengan pedagang eceran. B2B termasuk Interorganizational Information System (IOS). IOS adalah pertukaran informasi antara dua perusahaan atau organisasi. Tujuan utamanya adalah proses transaksi yang efisien seperti mengirimkan pesanan, tagihan, atau bukti pembayaran melalui internet.
EDI merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange yang sangat berperan dalam B2B (Business-to-Business) dimana EDI sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer atau antar perusahaan maupun instansi secara elektronik dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
A. konsep B2B
semua pengguna sistem ini adalah pengusaha atau organisasi. Merupakan penjualan dan pembelian barang atau jasa antar organisasi. B2B (Business-to-Business) berisi proses penjualan dan pembelian antar perusahaan, misalnya pemasok dengan pengusaha pabrik atau pengusaha pabrik dengan distributor atau distributor dengan pedagang eceran. B2B termasuk Interorganizational Information System (IOS). IOS adalah pertukaran informasi antara dua perusahaan atau organisasi. Tujuan utamanya adalah proses transaksi yang efisien seperti mengirimkan pesanan, tagihan, atau bukti pembayaran melalui internet.
EDI merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange yang sangat berperan dalam B2B (Business-to-Business) dimana EDI sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer atau antar perusahaan maupun instansi secara elektronik dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
Karakteristik B2B (Business-to-Business)
- Trading Partner : Pertukaran informasi hanya berlangsung diantara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
- Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berskala dengan format data yang telah disepakati. Jadi service yang dipergunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan standar yang sama pula.
- Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
Nb: blogpost ini dibuat untuk
memenuhi tugas pengganti UAS bapak danang sukmana dan saya backlink ke salah
satu teman saya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar